Membedakan Ayam Pukul dan Ayam Taji

Ayam Bangkok
Ayam Bangkok
Ayam bangkok menjadi juara bukan hal yang mudah dikarenakan butuh waktu baik perawatan maupun latihan secara berkala. Ayam laga memiliki dua tipe bertarung yaitu ayam pukul dan ayam taji. 

Artikel Terkait:
  1. Jamu Kamlang Untuk Ayam Bangkok
  2. Nama Ayam Bangkok Juara Kontes
  3. Mengenal Ayam Birma
  4. Ayam Bangkok F1 Super 
Video koleksi ayam aduan
Untuk melihat videonya https://youtu.be/VEpb3CXfh5E
Untuk melihat videonya  https://youtu.be/oplWnYDuAi8
Cara melatih ayam bangkok readmild: https://youtu.be/tNPjukyeTzg
Cara melatih ayam bangkok juara: https://youtu.be/JlWI8lT5E2I


Bertanya dan juga sering brosing di google untuk mencari tip merawat ayam laga. Dalam perawatan antara ayam pukul dan ayam taji sangat berbeda. Beberapa faktor untuk membedakan type ayam tersebut adalah pada sesi laga

Ayam Aduan Pukul. 
Ayam pukul adalah ayam dengan gaya bertarung hannya mengandalkan pukulan. Untuk perawatan harian ayam pukul yaitu:
  1. Memendikan ayam secara teratur pagi hari atau 2 hari sekali.
  2. Penjemuran dilakukan setiap hari 1 atau 2 jam 
  3. Pola pakan untuk type ayam pukul ini adalah rendaman jagung atau juga bisa diberi daging mentah tergantung dari botoh atau yang merawat ayam. Atau juga lebih baik diberi pakan konsentrat ginseng.
  4. Untuk pemberian vitamin atau jamu sebaiknya secara rutin. Apabila dimusim panas alangkah baiknya untuk pemberian jamu diberikan malam hari dan juga untuk pagi harinya diberi air minum sebanyak banyaknya.
  5. Latihan yang biasa dilakukan  adalah dengan memberikan beban pada kaki, renang, dan juga jantur ayam. Porsi latihan tidak harus setiap hari akan tetapi melihat kondisi ayam tersebut. Apabila ayam dalam kondisi sehat dianjurkan memberikan latihan tidak sampai ayam keletihan sebaiknya rutin untuk difisik.
  6. Memerlukan istirahat yang cukup pada waktu siang hari dimasukkan ke bok ayam dan pada sore hari ayam diberi makan dan vitamin ataupun jamu.
Ayam Aduan Taji.
Ayam taji adalah ayam yang gaya bertarung dengan menggunakan taji atau jalu. Adapun beberapa jenis ayam taji ini adalah ayam birma atau burma, atam thailand, ayam philipins. Karena ayam tersebut memiliki badan ramping dan juga lincah dalam bertarung. Untuk perawatan harian maupun pola pakan ayam ini cukup sederhana, yaitu:
  1. Memendikan ayam paling tidak 3 hari atau 1 minggu sekali.
  2. Penjemuran dilakukan 3 atau 4 hari sekali dengan durasi waktu 1 jam hingga 2 jam.
  3. Pola pakan untuk ayam ini adalah rendaman gabah atau padi atau juga dengan beras merah, konsentrat ginseng.
  4. Pemberian vitamin atau jamu 3 hari sekali.
  5. Untuk latihan tipe ayam ini 3 atau 4 hari sekali dengan cara melompat ke atas, memposisikan tempat tertutup pada lingkaran atau kotak dengan atas terbuka, tinggi rata-rata 1 meter. Jadi ayam diletakkan di dalam lalu ayam akan mengepakkan sayap dan terbang atau loncat ke atas. Maksimal dalam latihan ini adalah 120 kali lompatan.
  6. Usahakan untuk istirahat ayam ini pada tempat bok umbaran dan diberi tengger. 
Pada dasarnya ayam laga, semua ayam laga memiliki insting bertarung baik itu pukul maupun ayan taji karena siat dasar ayam laga adalah menguasai tutorial atau daerah kekuasaannya. Jadi untuk melihat gaya tarung ayam laga itu bisa di lahat dari trah ayam laga tersebut misalnya ayam laga burma, kebanyakan gaya tarung ayam burma adalah neplek pukul dll. 

Ayam laga sangat beragam dalam pengembangannya dari waktu ke waktu. Salah satu ayam laga saat ini yang digemari adalah ayam laga pakhoy atau disebur juga ayam pemukul setan. 

Sekian dulu artikel dari saya semoga bisa memberikan wacana untuk pembaca artikel ini.

Nice day,
Blogger
Disqus