Ayam Bangkok Betina

Cara Memilih Ayam Bangkok Betina
Untuk dikembang biakkan

Tetanggaku memiliki beberapa ayam bangkok, tepatnya sore hari aku menghampiri tetanggaku dan sayapun merasa gembira karena melihat begitu banyak anakan atapun indukan ayam bangkok.

Dialog dengan salah satu tetangga yang miliki ayam laga juara:
Ttg: tumben kelihatan?
Aku: akupun menjawab, habis jalan-jalan dan selang beberapa lama diapun menghampiriku dengan menjelaskan bagaimana Cara Memilih Ayam Bangkok.

Cara Memilih Ayam Bangkok Betina Super.

Duduk disebelah dan menangkap salah satu Ayam1 Betina pilihannya dan diapun
menjelaskan tentang ayam bangkok sebagai indukan yaitu:
  1. Pililah ayam bangkok dengan postur tubuh yang proposional baik dari kepala, badan, dan juga kaki.
  2. Bentuk kepala pada ayam bangkok betinah pilih dengan kepala yang besar dan juga tajam.
  3. Bentuk mata ayam bangkok betina sebaiknya cekung dikarenakan bentuk kepala tersebut bisa melundungi mata dari ayam bangkok tersebut.
  4. Postur tubuh tegak dan juga memiliki sisik kaki seperti butiran padi.
  5. Warna dari ayam tersebut bersih dan juga mengkilap menandakan ayam tersebut bagus.
  6. Bulu kaku dan ngak mudah pecah.
  7. Kondisi ayam sehat dan tidak berpenyakit.
Penjelasan begitu panjang akan tetapi aku masih belum paham juga tentang ayam bangkok. Selang beberapa lama dan semakin gelap, diambil salah satu ayam bangkok pilihannya untuk saya bawa pulang. Ayam tersebut saya pelihara sampai sekarang dan juga saya rawat dengan memberikan vitamin dan juga obat untuk ayam. Makanan untuk ayam bangkok betina sebaiknya diberi kosentrat apabila memiliki dana lebih dalam perawatan dan juga alternatif ransum makanan yang lebih murah adalah dedak dicampur dengan kosentrat bebek petelur dengan perbandingan 1kg kosentrat bebek petelur dengan 1kg dedak atau 2kg dedak. Fungsi dari pemberian pakan tersebut untuk memberikan vitamin dalam proses telur ayam bangkok tersebut dan juga warna kuning telur hasilnya bagus. Vitamin juga diberikan berserta air minum yang cukup.

Beberapa jenis ayam Bangkok betina sebagai indukan antara lain:

A. Ayam Bangkok F1

Ayam bangkok betina f1 merupakan ayam bangkok yang memiliki keunggulan dalam segi fisik ataupun menghasilkan anakan dengan kualitas super. Memilih indukan yang sehat dan tidak berpenyakit. Ciri dari ayam bangkok betina f1 ini adalah bertelur tidak lebih dari 7 butir dan juga kulit dari telur berwarna putih bersih.

Akan tetapi ayam jago pacek juga sangat berperan dalam menghasilkan anakan yang berkualitas.

B. Indukan Ayam Birma

Untuk memilih ayam birma sebagai indukan merupakan pilihan yang beragam dari segi warna ayam tersebut dan juga dalam pengembang biakan ayam birma sudah memiliki warna yang beragam. Ciri dari indukan ayam birma yang bagus adalah memiliki tubuh sehat dan tidak berpenyakit, proposional dengan tinggi ayam dan juga keunikan dari babon atau betina ayam birma adalah bertelur warna hijau gelap.

Melanjut cerita bermain ke penangkar ayam laga.

Dalam lamunan terbayang suatu saat nanti ayam bangkokku menjadi banyak dan akupun bisa mengais rejeki dari berternak ayam bangkok. Satu tahun waktu telah berlalu dan ayam bangkokku semakin banyak. Suatu ketika aku menghampiri beberapa penghoby ayam untuk melihat hasil tangkarannya, berita yang aku dapat bukan berita gembira akan tetapi kabar sebaliknya yaitu ayam bangkok satu kandang penuh dan ayam bangkok yang siap dijual hilang dan musim penyakit ayam. 

Cerita diatas merupakan kisah tetanggah sebelah yang diperkirakan ayam bangkoknya mencapai 10jt lebih. Sebelum kejadian tersebut menimpa penangkar yang lain sebaiknya ayam slalu terawat dan juga terpenuhi baik itu pola pakan, kebersihan kandang, vaksinasi dan juga vitamin.

Sekian dulu artikel yang sederhana ini semoga bisa dijadikan refrensi dalam berternak ayam bangkok dan juga menjalin silaturahmi sesama pecinta ayam bangkok ataupun ayam petarung yang lain.

Nice day,


Blogger
Disqus

No comments